Tribee Salf Untuk Luka Diabetes

 


Apa itu Diabetes ? Diabetes merupakan penyakit dengan kondisi gula darah dalam tubuh tinggi bisa menyebabkan berbagai komplikasi, salah satunya adalah luka kaki diabetes atau ulkus diabetikum. Seperti diketahui, gula darah tinggi pada penderita diabetes karena pankreas tidak menghasilkan cukup insulin, atau insulin tidak dapat berkerja secara optimal (resistensi insulin). Padahal insulin sangat dibutuhkan untuk menyerap glukosa atau gula dari makanan untuk dijadikan energi pada tubuh. Glukosa yang menumpuk dalam darah menyebabkan kadar gula darah tinggi.

Apa itu Luka kaki diabetes ? Luka Kaki Diabetes adalah luka karena infeksi atau kerusakan jaringan pada kaki orang yang menderita diabetes. Masalah kaki pada penderita diabetes ini terjadi seiring waktu saat gula darah tinggi merusak saraf dan pembuluh darah di kaki. Kerusakan saraf yang disebut neuropati diabetik itu dapat menyebabkan nyeri, kesemutan bahkan hilangnya sensasi rasa pada kaki. Pembuluh darah pasien diabetes juga kerap mengalami penyumbatan yang menyebabkan aliran darah menjadi terhambat.

Gejala yang muncul berupa luka terbuka yang sering tidak disadari penyebabnya dan luka kaki terus basah karena nanah. Infeksi pada kaki penderita diabetes mungkin tidak bisa sembuh dengan baik karena pembuluh darah yang rusak dapat menyebabkan aliran darah buruk pada kaki Anda.

Luka pada penyandang diabetes akan menjadi sulit sembuh karena berbagai faktor. Kadar gula darah yang tinggi merupakan lingkungan yang optimal untuk pertumbuhan bakteri. Selain itu, kadar gula darah tinggi juga dapat mengganggu sistem imunitas tubuh. Aliran darah yang optimal juga diperlukan untuk penyembuhan luka. Pada diabetes yang tidak terkendali, seringkali ditemukan adanya penyempitan pembuluh darah yang menyebabkan aliran darah ke kaki sudah berkurang.

Luka diabetes membutuhkan perawatan sedini mungkin agar tidak menyebabkan komplikasi yang lebih parah. Anda bahkan bisa melakukan pengobatan awal di rumah secara mandiri dengan cara:
  • Membersihkan luka dengan air bersih mengalir
  • Gunakan Tribee Salf secara merata pada area luka
  • Menutup luka dengan kasa
  • Ganti balutan 1-2 hari sekali
  • Selalu konsultasikan dengan tenaga medis