Manfaat Minyak Kelapa

 



Terdapat berbagai Manfaat minyak kelapa yang sangat beragam, akan tetapi pemakaiannya tidak bisa sembarangan. Disebabkan karena tidak semua jenis kulit cocok dengan minyak ini, sehingga ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika akan mengoleskannya ke kulit.

Minyak kelapa seringkali digunakan untuk memasak. Namun,siapa sangka minyak ini juga bisa memberikan banayak sekali manfaat untuk kesehatan, termasuk kesehatan pada kulit wajah.

Manfaat minyak kelapa untuk wajah berasal dari kandungan beberapa nutrisi penting yang mampu membuat kulit menjadi lebih sehat, seperti asam laurat yang dapat merangsang produksi kolagen di kulit.


Berikut Manfaat Minyak Kelapa untuk kulit :

1. Dapat Membunuh Bakteri

Asam laurat dalam minyak kelapa sanggup membunuh bakteri, virus, dan jamur. Karenanya, kebiasaan mengonsumsi minyak kelapa diduga bisa membantu menurunkan risiko penyakit akibat infeksi mikroba. Bahkan, ada penelitian yang mengungkapkan bahwa minyak kelapa bisa digunakan sebagai obat kumur. Cara yang disebut sebagai oil pulling ini ternyata baik untuk kesehatan mulut.


2. Mencerahkan kulit

Minyak kelapa mampu mencerahkan kulit wajah, menyamarkan bintik hitam, dan meratakan warna kulit. Namun, manfaat minyak kelapa untuk wajah ini bisa diperoleh lebih maksimal jika dikombinasikan dengan penggunaan bahan lain yang bersifat mencerahkan, seperti lemon. Lemon mengandung vitamin C tinggi dan diketahui efektif dalam mencerahkan kulit dan mengurangi bintik hitam di wajah.


3. Dapat Meminimalkan munculnya kerutan pada bagian wajah

Terdapat kandungan asam laurat yang bisa merangsang produksi kolagen dalam minyak kelapa. Kolagen merupakan protein yang dapat diproduksi oleh tubuh secara alami yang berfungsi untuk menjaga elastisitas kulit. Namun, pertambahan usia bisa menyebabkan produksi kolagen menurun. Hal ini membuat penggunaan produk perawatan kulit yang mengandung kolagen, seperti minyak kelapa, diperlukan agar elastisitas kulit lebih terjaga. Dengan begitu, munculnya kerutan di wajah bisa dimininimalkan.


4. Bisa Mengatasi Gigitan Serangga

Gigitan serangga bisa menyebabkan rasa nyeri disertai rasa gatal. Penggunaan minyak kelapa pada permukaan kulit yang digigit serangga diyakini dapat membantu meredakan keluhan yang dirasakan. Oleh Karena itu, jika kamu merasakan gatal akibat gigitan serangga, coba oleskan minyak kelapa.


5. Dapat Mengangkat sisa kotoran pada bagian wajah

Minyak kelapa juga dapat dijadikan sebagai make up remover alami karena mampu mengangkat kotoran dan sisa riasan pada wajah. Cara menggunakannya pun juga cukup mudah. Kamu hanya perlu menuangkan minyak kelapa murni ke telapak tangan dengan secukupnya, kemudian oleskan pada kulit wajah. Pijat dengan gerakan lembut agar kotoran atau riasan di wajah bisa terangkat. Selanjutnya, usap wajah dengan kapas bersih secara perlahan, lalu cuci wajah menggunakan sabun pembersih supaya tidak ada lagi sisa - sia kotoran atau minyak kelapa di wajah.


6. Dapat Membantu Meredakan Gejala Alergi

Alergi bisa menyebabkan kulit terasa gatal - gatal. Bagi kamu yang suka menggaruk kulit, kondisi seperti ini bisa membuat kulit kamu cenderung bersisik atau kering. Penggunaan minyak kelapa dapat membantu mengatasi kondisi tersebut. Namun, sebelum menggunakan minyak kelapa, pastikan juga kamu tidak memiliki alergi terhadap kandungan di dalamnya.


7. Dapat Mengurangi Risiko Perburukan pada Organ dan Jaringan Tubuh

Konsumen asam lemak jenuh terbanyak di dunia adalah masyarakat Tokelau yang tinggal di kepulauan di Pasifik (bagian dari Selandia Baru) dan Kitava (bagian dari Papua Nugini).Meski 60 persen kalori yang mereka konsumsi didapat dari minyak kelapa, masyarakat Tokelau dan Kitava dalam kondisi sehat. Mereka juga jarang terkena penyakit degeneratif, yaitu kondisi medis yang dapat menyebabkan memburuknya organ dan jaringan tubuh secara bertahap.


8. Melembapkan kulit

Di dalam minyak kelapa terdapat kandungan Asam linoleat yang bisa membuat kulit terhidrasi, sehingga bisa memperkuat lapisan teratas kulit (skin barrier). Berkat kemampuannya dalam melembapkan kulit, pemilik kulit kering bisa menjadikan minyak kelapa sebagai bagian dari perawatan kulit wajah agar kulit lebih lembap dan kenyal. 


9. Menyehatkan Kulit Kepala

Jika kamu memiliki kulit kepala yang cenderung kering, penggunaan minyak kelapa dapat menjadi salah satu solusinya. Minyak kelapa bisa membantu melembapkan serta memberikan nutrisi untuk kulit kepala.


10. Mengobati jerawat

Manfaat minyak kelapa untuk wajah ini dapat diperoleh berkat kandungan asam laurat di dalamnya yang efektif dalam membunuh bakteri penyebab jerawat. Selain itu juga ada pula kandungan asam kaprat yang bersifat antiradang dan antibakteri yang membuat minyak kelapa mampu meredakan jerawat sekaligus menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.


Hal yang Perlu kamu perhatikan

Meskipun manfaat minyak kelapa untuk kulit cukup beragam, kamu harus tetap hati-hati saat menggunakannya. Misalnya, pemilik kulit berminyak disarankan untuk menghindari penggunaan minyak kelapa di wajah karena bisa membuat kulit makin berminyak. Bagi pemilik kulit kering dan normal, minyak kelapa pada umumnya aman untuk digunakan. Namun, tetap lakukan tes alergi terlebih dahulu sebelum mengoleskan minyak kelapa pada kulit wajah.