LUKA MENGERING BELUM TENTU SEMBUH!

 


Banyak sekali yang sering mengira bahwa semua luka kering tandanya sembuh.
Namun faktanya, tidak semua luka yang sudah kering itu dikatakan sembuh.

 “Luka sembuh itu definisinya kulit kembali menutup seperti semula. Kalau ada yang kering atau koreng, belum tentu itu sembuh,” terang dr. Adisaputra Ramadhinara, CWSP, FACCWS, spesialis luka dari RS Pantai Indah Kapuk.

Idealnya, kondisi luka itu lembab; tidak basah dan tidak juga kering.
Koreng bisa terbentuk dari sisa-sisa darah yang menggumpal. Bukan berarti koreng adalah pertanda buruk, tapi bisa menghambat penyembuhan luka. Di fasilitas kesehatan, justru koreng akan dibersihkan (diangkat), agar luka cepat sembuh.

Saat terjadi luka, sel kulit baru akan tumbuh dari pinggir menuju ke tengah. “Kalau ada koreng, sel kulit baru harus berjalan menggali di bawah koreng untuk bisa bertemu dengan pasangannya dari seberang luka. Sedangkan kalau lukanya lembap, sel kulit baru bisa berjalan di atas permukaan luka, sehingga proses penyembuhan lebih cepat.

TIPS MERAWAT LUKA YANG BENAR !

Pada prinsipnya, pertolongan pertama pada luka adalah bersihkan dengan benar. Minimal dengan air bersih, agar kotoran dan benda asing di luka bisa terbuang. Idealnya dengan cairan antiseptik, yang tidak hanya efektif tapi juga aman. Setelah itu cairan dikeringkan dengan dengan kasa steril, lalu tutup luka dengan plester untuk mencegah kuman mengkontaminasi luka.